Perempuan di Arab Saudi Diperlakukan Seperti Anak-anak

Sabtu, Mei 3


Belum lama ini, organisasi hak asasi manusia, Human Rights Watch, melaporkan perempuan di Arab Saudi diperlakukan seperti anak-anak agar saudara prianya yang mengambil keputusan. Dalam laporan terbarunya, HRW menuduh pemerintah Saudi mengorbankan hak dasar manusia agar kaum laki-laki tetap bisa menguasai perempuan. Organisasi itu juga mengkritik pemisahan secara ketat laki-laki dan perempuan di kalangan masyarakat Arab.


Sebelumnya, penyelidik PBB mengenai kekerasan terhadap perempuan, dengan melakukan kunjungan dengan berkeliling Arab Saudi menyebut bahwa perempuan menghadapi jalan buntu untuk keluar dari lingkungan yang penuh kekerasan.

Masalah itu juga yang menjadi perhatian HRW dalam laporannya setebal 50 halaman yang didasarkan pada wawancara dengan lebih dari 100 perempuan Saudi.

Disebutkan pula bahwa perempuan di Arab Saudi diperlakukan seperti anak-anak karena apapun yang mereka lakukan harus terlebih dahulu mendapat ijin dari sanak keluarga laki-laki.

Apakah itu untuk bekerja, bepergian, pendidikan, kawin atau bahkan yang sederhana sekalipun, seperti untuk mendapat perawatan kesehatan.

Arab Saudi merupakan satu-satunya negara di dunia yang melarang kaum perempuan untuk mengemudi.

Nah....., terkait masalah mengemudi, muncul fatwa 2 ulama terkemuka Arab Saudi yang menegaskan tidak ada unsur keIslaman dalam melarang perempuan untuk menyetir.

Menyambuti fatwa tersebut, ribuan perempuan Saudi belum lama lalu mengajukan petisi kepada Raja Abdullah agar mencabut larangan mengemudi kepada kaum perempuan.

0 komentar:

Posting Komentar

Tempat Caci Maki.....

  © Blogger Template News Kidding On The Blog by Bagus Pras 2010

Back to TOP