RAMADHAN MILIK SEMUA ORANG

Rabu, September 17

Baru kali ini saya ber-ramadhan ria di Kota Palu. Tidak berbeda dengan kota-kota lainnya di Indonesia, semuanya menyambut bulan suci dengan suka cita. Walau banyak para ibu sedikit ”ngedumel” akan meroketnya harga kebutuhan pokok toh bulan suci harus tetap dilalui.

Ada yang menarik di Kota Palu saat bulan ramadhan. Yakni, muncul pedagang makanan kagetan. Di sepanjang ruas jalan utama kota Palu, banyak warga membuka dagangan, menjajakan berbagai sajian makanan untuk menu buka puasa. Menurut penuturan teman saya yang asli Kaili (penduduk asli Palu), memang sudah sejak lama pedagang kagetan muncul pada bulan baik itu, dan dari tahun ke tahun semakin banyak.

Mumpung bulan baik, mendapat rejeki yang baik dengan menyajikan menu yan baik, tanpa zat pengawet, dan masih layak makan. Bukan aji mumpung seperti baru-baru ini tersiar di berbagai media yang memberitakan ada oknum masyarakat mengolah kembali makanan basi menjadi makanan siap saji. Walah-walah....

Selain di sepanjang jalan utama, ada lagi lokasi yang menarik untuk diceritakan. Tepatnya di samping Kantor Walikota Palu. Di situ pihak Pemkot Palu memfasilitasi para pedagang untuk berkumpu ria dalam satu tempat sehingga para pembeli mudah untuk mendapatkan jajanan yang diperlukan. Tempat itu sudah biasa disebut Pasar Ramadhan. Kenapa menarik untuk diceritakan?..

Menurutku sih menarik. Dari ratusan penjual makanan yang menghidangkan berbagai sajian makanan siap saji itu, saya bisa menghitung ada belasan penjual makanan yang beragama Kristen. Maklum, saya kenal beberapa diantaranya. He he he. Artinya..., Ramadhan membawa berkah bagi siapa saja. Ramadhan membawa damai bagi yang tulus merayakan dan melaksanakannya. Dan saya merasakan bahwa ramadhan di Palu ternyata indah.

Seandainya ”nuansa” ramadhan yang damai dan membawa berkah berlaku sepanjang tahun, tentunya semakin indah Indonesia kita.

6 komentar:

Fajar Indra Kamis, 18 September, 2008  

ramadhan memang eksotis...

Lyla Jumat, 19 September, 2008  

ramadhan itu indah.. semua bisa merasakan suasananya

Tendangan Bebas Jumat, 19 September, 2008  

Ada acara apa nih di Palu ?

papapam traffic Jumat, 19 September, 2008  

ramadhan bagai cinta..yaitu universal

Ani Sabtu, 20 September, 2008  

Ramadhan memang selalu membawa suasana yang lain daripda yang lain...

def@mathholic Kamis, 25 September, 2008  

ramadhan...


ya ramadhan...

...have fun

Posting Komentar

Tempat Caci Maki.....

  © Blogger Template News Kidding On The Blog by Bagus Pras 2010

Back to TOP