Selamat Ulang Tahun, Pak Tentara

Minggu, Oktober 5


Hari ini adalah tanggal 5 Oktober. Tentunya tanggal itu sangat bermakna bagi perjalanan bangsa ini. Tanggal itulah yang kini setiap tahunnya dirayakan sebagai hari jadi TNI. Lalu bagaimana kiprah pak tentara di era modern ini. Sebagai institusi penjaga republik tercinta ini, pak tentara dihadapkan pada perkembangan tehknologi militer yang semakin hari semakin canggih dan mahal. Bila merunut pada anggaran militer kita yang makin mengecil, kondisi ini semakin memperparah kondisi internal pak tentara. Kondisi ini berbanding terbalik dengan negeri liliput Singapura. Mereka memiliki armada perang yang sangat kuat. Pertanyaan yang mengelitik saya adalah kenapa negara kecil seperti Singapura perlu membentuk armada perang yang kuat???

Lalu bagaimana dengan pak tentara kita. Entahlah. Setelah mereka dinina bobokan di jaman orde Suharto dengan slogan dwi fungsi ABRI. Militer ada selalu dimana-mana, sehingga muncul istilah dikotomi Sipil-Milter. Yang sipil selalu berada dibawah milter. Saya tidak akan mengorek kesalahan pak tentara toh kondisi saat ini sudah berubah. Kini, pak tentara semakin arif menempatkan diri sebagai garda utama penjaga republik ini dari perpecahan dan ancaman dari luar. Namun dengan peralatan yang sudah kuno dan karatan, apa mampu membela negara ini?? Mengharapkan pertahanan semesta rakyat?? Kasihan rakyat. Selalu saja rakyat yang menjadi sandaran.

Ditengah upaya pak tentara menjadi abdi negara yang profesional, kini banyak kalangan rakyat jelata yang sok militeris. Katanya sih mereka dulu dibina oleh militer. Menggunakan atribut milter supaya gagah dan ditakuti lawan. Banyak satgas partai maupun ormas menggunakannya. Dan ada juga yang menggunakan istilah serem seperti fron pembela, laskar anu, satgas banteng miring bla bla bla. Namun juga ada milter yang ”nyempal” dan menggunakan atribut aslinya buat menakut-nakuti rakyat. Katanya mereka juga manusia, butuh uang untuk keluarga. Hmmmm...

Terkait hal diatas, saya pernah mendengar anekdot tentang dikotomi sipil-milter di jaman Suharto. Anekdot itu ”Banyak kalangan sipil yang sok militeris namun lebih banyak kalangan militer yang sok sipilis.”

Lepas dari itu semua, saya ucapkan selamat ulang tahun pak tentara. Baktimu selalu dinanti rakyat.

12 komentar:

sapimoto Minggu, 05 Oktober, 2008  

Dirgahayu TNI, semoga selalu jaya dan menjadi pelindung bagi seluruh rakyat Indonesia.
Negara sekecil Singapura harus memiliki perlengkapan militer yang lengkap, karena bertetangga dengan negara rakus bin tamak, yang bukan tidak mungkin akan melalapnya mentah-mentah. Ganti aku sing melet :P

namaku wendy Senin, 06 Oktober, 2008  

selamat ulang taun pak tp tulung jangan tembak, bukan,, bukan,, bukan saya koq tapi dia*nunjuk yg punya blog ini hehehe*

Anang Selasa, 07 Oktober, 2008  

semoga pak tentara bisa benar2 melindungi rakyat indonesia..supaya aman dan damai amin

Lyla Rabu, 08 Oktober, 2008  

wah... Ulang tahun pak tentara sama harinya dengan ulang tahun pernikahanku hihihih

Hellen Rabu, 08 Oktober, 2008  

Semoga dengan ketambahan usia, pak tentara semakin baik dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara :)
Dirgahayu.
Btw, saya belum sempat ngucapin minal aidin wal faidzin.. mohon maaf ya mas...
sekalian mau bilang ada titipan di blog saya... diambil ya ...

edisamsuri Rabu, 08 Oktober, 2008  

Happy Universary for our Army.
mudah-mudahan tetap semangat

BloGendeng Kamis, 09 Oktober, 2008  

Selamat ultah juga, pak tentara. Hebat nih postingan. Jarang lho yang inget ucapin ini. Nice posting

anita mui Minggu, 12 Oktober, 2008  

met ultah buat Pak.tentara...!! smoga tetap bisa memberikan yg terbaik buat bangsa indonesia..

Tendangan Bebas Minggu, 12 Oktober, 2008  

bener nih makin jarang yg memberikan apresiasi pada TNI. kenapa yah ? mungkin karena sehari-hari manfaat keberadaannya gak begitu terasa atau TNI perlu humas yang profesional.
btw dirgahayu deh buat TNI, makin profesional yah, jangan mala makin komersil.
ups ... malah numpang ngeritik :D

Syahrizki Rafi' Asy'ari Senin, 13 Oktober, 2008  

dirgahayu yah pak.....soalnya tanggal itu juga ultah ku loh...(wah....iklan nih....)...heheheheeh

papa deddy Selasa, 14 Oktober, 2008  

dirgahayu TNI
semoga gak lama lama nutup selat maduranya

nita Kamis, 23 Oktober, 2008  

whahahah...anekdot yg terakhir bikin ngakak.

met ultah TNI

Posting Komentar

Tempat Caci Maki.....

  © Blogger Template News Kidding On The Blog by Bagus Pras 2010

Back to TOP