Amandemen

Kamis, Agustus 19

Ditengah hiruk pikuk memperingati HUT RI ke 65, Ruhut Poltak Sitompul kembali memanaskan lawan politiknya. Pernyataan tentang wacana untuk melakukan amandemen UUD 1945 tentang masa jabatan presiden yang bisa menjabat ketiga kali atau bahkan ke empat kali. Sontak saja, pernyataan yang dianggap kampungan dan mendiskreditkan Partai Demokrat mendapat reaksi, dan kebanyakan mengecam bahkan oleh kalangan internal Partai Demokrat.

Bagi saya, pernyataan Ruhut ini cukup menarik dan mengundang senyum kecut. Bayangkan, bila pasal 7 UUD 1945 hasil amandemen sebelumnya yang berbunyi Presiden dan Wakil Presiden memegang jabatan selama lima tahun, dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama, hanya untuk satu kali masa jabatan, diganti menjadi Presiden dan Wakil Presiden memegang jabatan selama lima tahun, dan sesudahnya dapat dipilih kembali. Asikk khan, bisa jadi presiden seumur hidup. Kasian juga si ibu itu, pasti kalah lagi kalah lagi. Kasian partai-partai itu, ngemis jatah mentri lagi… huhhhh

Lalu…??? Ya perlu dibatasilah, soalnya jika masa jabatan presiden tidak dibatasi maka seseorang akan otoriter, Abuse of Power (menyalahgunakan kekuasaan), Regenerasi kepemimpinan nasional macet, Seseorang bisa menjadi dictator, Timbulnya kultus individu.

Kalau melihat Ruhut yang ngemeng, saya sih menjadi faham dan membetulkan bahwa akan memunculkan kultus individu. Simak aja kalau Ruhut muncul, maka dia akan menjadi penjilat sejati. Kalimat-kalimat Ruhut biasanya selalu menyanjung-nyanjung SBY. Katanya, amandemen sah-sah saja dilakukan sejauh mana rakyat memang masih mendukung. “Sampai sejauh ini, belum ada figur yang seperti SBY, berprestasi dan mampu menjamin kesejahteraan rakyat dan rakyat itu masih membutuhkan SBY. Seperti jaman Orde Baru dulu, semua memuja Soeharto dan semua meminta petunjuk dan intruksi Soeharto. Cukup dimaklumilah, Ruhut khan dulunya kader Golkar. Ya begitu itu kader Golkar, dimanapun mereka berada. Waspadalah ….. waspadalah.

Uppssss…

  © Blogger Template News Kidding On The Blog by Bagus Pras 2010

Back to TOP