BBM

Rabu, Mei 14


Pemerintah Akan Menaikkan BBM. Gubrak……………….!!!!!, pagi2 aku sudah dikejutkan dengan judul di koran yang menyatakan bahwa pemerintah sudah pusing dengan perubahan harga minyak dunia yang semakin melangit.

Kenapa negara barat seperti Amerika, Inngris, dan Perancis tidak terkena dampak harga minyak dunia? Ya karena mereka mempunyai ”tangan-tangan” swasta di Timur Tengah yang bekerja sama dengan negara-negara Arab menaikkan harga. Semakin harga minyak naik, semakin banyak pula keuntungan negara Arab dan para skondan bulenya nikmati. Sementara kita..., tersengah-engah. Untuk menyesuaikan harga minyak dengan cara mencabut subsidi dan mengembalikan subsidi tersebut kepada masyarakat miskin dalam bentuk bantuan tunai langsung (BLT) menjadi polemik mulai dari para ekonomi, politkus hingga ibu-ibu rumah tangga.
Itulah kita....,

Bayangkan saja jika BBM sesuai dengan harga pasar maka pada 2008 ini akan diberikan BLT sebanyak 15 trilyun. Dan pada 2009 akan dikucurkan sebanyak 50 trilyun. Hmm, jumlah yang sangat besar.

Para ekonom.., melihat bahwa bantuan tersebut bak sinterklas di tengah hari bolong kepada masyarakat. Pola BLT tidak mendidik, alasannya kenapa uang tersebut tidak digunakan untuk pembangunan infrastruktur seperti pernaikan sarana jalan, jembatan dll sehingga mampu menciptkan lapangan kerja dan memperlancar akses ekonomi mulai dari desa hingga perkotaan. Hmmm, intinya para ekonom tetap setuju ada kenaikan BBM, he he he

Para politikus..., melihat dalam konteks 2009. BLT pada 2008 sebesar 15 trilyun dan pada 2009 sebesar 50 trilyun adalah sangat luar biasa dampaknya untuk melakukan tebar pesona memenangkan hati rakyat. Jadi apapun yang dilakukan oleh pemerintah...., akan mendapat serangan dari lawan politiknya. Bayangkan jika 10 hingga 20 juta rakyat miskin mendapat BLT, akan menjadi mudah untuk melakukan kalkulasi politik dalam pemenangan pemilu, belum lagi mesin politik dan tim suksesnya bergerak baik secara terbuka maupun dengan cara ”silent operation”, ????????. ....

0 komentar:

Posting Komentar

Tempat Caci Maki.....

  © Blogger Template News Kidding On The Blog by Bagus Pras 2010

Back to TOP