BERPIKIR ANARKIS

Selasa, November 25

Saat membaca situs berita kesayangan saya yakni kompasdotcom, saya terperanjat atas beritanya. Adam Malik ternyata agen CIA. Entah berita bohong atau sensasi belaka namun fakta berita mengatakan demikian. Saya memang belum membaca buku karangan Tim Weiner (jurnalis New York Times) yang terjemahan dalam bahasa Indonesianya ”Membongkar Kegagalan CIA”. Sama terperanjatnya dengan saya adalah Jusuf Kalla yang langsung mengomentari bahwa tidak mungkin Adam Malik menjadi agen asing. Namun komentar sebaliknya dilontarkan oleh Muladi (Gubernur Lemhanas) yang menyatakan bahwa tidak menutup kemungkinan pejabat negara menjadi agen asing terlebih jika oknum warga negara itu memiliki nasionalisme rendah dan tergiur dengan uang.

Atas dilansirnya fakta berita tentang Adam Malik, kita sebagai warga negara menjadi bingung. Pahlawankah Adam Malik jika memang terbukti ??. Bisa jadi gelar pahlawannya segera diralat bahkan dicabut, buku-buku sejarah akan mengalami revisi. Belum lagi, akan ditaruh dimana harga diri dan kehormatan keluarga Adam Malik. Menarik untuk ditunggu kinerja aparat intelijen, kepolisian, sejarahwan dalam membuktikan fakta berita menjadi fakta sesungguhnya.

Bersukurlah PKS yang telah menghentikan tayangan iklan politik tentang pahlawan dan guru bangsa dimana salah satu tokohnya adalah Suharto. Dalam kasus perseteruan Komunis vs Nasionalis (TNI) pada era 60-an yang diakhiri dengan tragedi G 30 S – PKI, menyebutkan nama Suharto sebagai didikan CIA. Sejarah menyatakan bahwa saat itu perseteruan KGB vs CIA terjadi di seluruh dunia termasuk di kawasan Asia Tenggara. Tuduhan Suharto sebagai didikan CIA boleh jadi benar bila dikaitkan dengan aksi tutup mata Amerika atas proses intergrasi Timor Leste ke Indonesia. Proses pembiaran itu berlarut-larut hingga kepentingan Amerika di Indonesia tak lagi menjadi prioritas utama. Dan lahirlah orde reformasi.

Kembali ke masalah buku. Bisa jadi setelah munculnya buku itu, pemerintah dan DPR akan segera mengesahkan UU Rahasia Negara dan UU Intelijen. Ada unsur kebetulan dalam hal ini. Tapi..., sepertinya kok ya pas. Ada berita pahlawan yang menjadi agen asing eh..., pemerintah dan DPR akan kembali menggodok UU itu. Sebetulnya UU tentang Rahasia Negara dan UU Intelijen ditentang oleh berbagai kalangan. Seperti LSM lokal, LSM yang memperoleh dana dari luar negeri, kalangan pers, kalangan politisi dan kalangan lainnya. Salah satunya adalah Munir. Tentunya mereka yang menentang UU rahasia negara bukan merupakan agen asing. Repot dong kalau dinyatakan begitu.

Memang, UU rahasia negara sangat riskan bagi pelaku pers seperti saya. Bagaimana tidak, sesuatu yang dianggap rahasia bisa berlaku karet. Dan hukumannya setimpal. Seperti halnya pasal karet di UU APP dimana klasifikasi berpornoaksi dan berpornografi tergatung cara pandang dan cara berpikir masing-masing pemilik mata dan pikiran.

Di belahan dunia sana, tepatnya di Iran, pemerintahannya sangat serius mengatur warga negaranya untuk tidak menjadi agen asing. Hukumannya sangat jelas. Yakni hukuman gantung. Itu terjadi beberapa hari lalu saat ada warga negara menjadi mata dan telinga Israel. Lalu bagaimana dengan negara kita. Beranikah negara ini melakukan hal yang sama dengan Iran. Tanpa kompromi membasmi penjual rahasia negara. Untuk yang satu ini saya setuju bila ada penghianat bangsa dihukum mati. Ini buah pikiran saya yang anarkis, yang mencintai negara ini apa adanya.

10 komentar:

Hellen Selasa, 25 November, 2008  

wah... saya malah baru tahu nih...
Kayaknya akan jadi perbincangan hangat..

Kios Info Selasa, 25 November, 2008  

masalahnya pemerintah kita berani nggak? kalo pemerintahnya adem ayem cuma gertak sana sini ya percuma

BloGendeng Selasa, 25 November, 2008  

iya tuh Adam Malik kan kayaknya kasus lama. Tapi ilang begitu saja ngga tau napa. Aneh ya negara kita. Kalo yang masalah begituan suka ditutup-tutupin.

Cebong Ipiet Selasa, 25 November, 2008  

lagi nyari bukunya di gramed, weehehehhehe, buruan keburu di bredel di tarik dari pasaran
masalahnya sekali lagi tergantung penguasa tho

AREA 51 Selasa, 25 November, 2008  

wah, baru tau neh... posting lagi donk tentang ini...

Riema Ziezie Selasa, 25 November, 2008  

zie jg kaget...zie dengernya dr liputan6 SCTV...masak sih iya

else Selasa, 25 November, 2008  

wah di tipi lagi heboh juga nih ttg berita ini.

pinaykeypoint Rabu, 26 November, 2008  

Thanks for adding me in your BC List. I added you back :) Happy blogging day !

Lyla Rabu, 26 November, 2008  

aku mau nyari ahhh bukunya... masih ada gak ya??

habbats ramdhan Rabu, 04 Maret, 2015  

Terima Kasih sudah posting artikel yang bermanfaat. Semoga Sukses dan Silahkan Klik Tautan Dibawah Ini
Toko Online HerbalKing Obat HerbalGudang Obat HerbalJual Obat HerbalJual HerbalJual Produk HerbalJual Herbal MurahHerbal BandungProduk HerbalHerbal HabbatsAozora Shop Onlinetoko onlineJual Baju AnakJual Baju BayiJual Baju DewasaJual Sepatu BayiJual Sepatu anak AnakJual Sepatu DewasaJual Perlengkapan BayiJual Perlengkapan Anak AnakJual Perlengkapan DewasaTupperwareTupperware MurahTupperware UpdateTupperware Bandung juaraJual TupperwareKatalog TupperwareJual Online TupperwareTupperware ResepTupperware katalog baruRaja Tupperware BandungCollection TupperwareMadu Anak SuperMadu Anak CerdasJual Madu Anak SuperPusat Jual Madu Anak SuperJual Madu SuperMadu Anak SuperJual Madu AnakToko Madu AnakAgen Madu Anak SuperDistributor Madu Anak Super

Posting Komentar

Tempat Caci Maki.....

  © Blogger Template News Kidding On The Blog by Bagus Pras 2010

Back to TOP