Cerita Usang Kembali Datang.....

Selasa, April 7

Saya kemarin menghabiskan waktu dengan masuk ke milis. Entah sudah berapa bulan saya tidak menyapa kawan sejawat. Beberapa kawan pernah mendiskusikan pentingnya pendidikan politik bagi anak-anak. Dan saya dapati cerita menarik bagaimana orang tua menjelaskan pemahaman politik. Begini ceritanya....

Suatu ketika, anak yang baru kelas 2 SD melihat tayangan televisi dari sudut sofa merah kesayanganya. Dan dia begitu sebel melihat film kartun kesukaan sering terhenti karena munculnya iklan politik dari partai anu dan inu. Lalu, sang anak bertanya dengan polosnya: “Ayah, politik itu apa sih?” Ayahnya lalu menjawab dengan teori pengandaian. “Tentu akan ayah terangkan nak. Untuk mudahnya, akan ayah jelaskan dengan mengambil contoh keluarga kita sendiri”


1. Ayah pulang dari kerja membawa uang, maka ayah bisa dicontohkan sebagai Kapitalis.

2. Ibumu yang mengelola dan membelanjakan uang, maka kita sebut ibumu itu Pemerintah.

3. Ayah dan Ibu mengurus kamu dan kakakmu, maka ibaratkan kalian adalah rakyatnya.

4. Sementara itu, bi Inah pembantu rumah tangga kita, kita sebut saja sebagai Buruhnya.

5. Sedangkan satpam yang menjaga kita di depan sana setiap malam adalah ibarat aparat keamanan.

6. Dan adikmu yang masih pakai pampers itu, boleh disebut sebagai generasi muda masa depan.

Sudah paham..anakku sayang?" tanya sang ayah. Tentu saja, anak baru kelas 2 SD belum paham benar dengan teori pengandaian, lalu tertidur dengan sejumlah pertanyaan besar.

Menjelang tengah malam, dia terbangun karena adiknya menangis lalu dengan inisiatifnya, mengetuk pintu kamar orang tuanya. Namun anak kecil itu tak mendapati orang tuanya dikamarnya. Lalu dia pergi ke kamar tidur bi Inah, pembantunya, betapa kecewanya ternyata bapaknya sedang tidur bersama pembantu. Dengan rasa jengkel yang mendalam, anak kecil lalu melapor ke pos jaga satpam di halaman rumah, namun diurungkan karena mendapati ibunya sedang “bermain” dengan satpamnya. Anak kecil itu kemudian tidur lagi.

Esok harinya, ayahnya balik bertanya pada anaknya, apakah kiranya bisa diterangkan arti politik dalam bahasa kamu sendiri?

Anak kecil itu menjawab: "Ya ayah, sekarang saya bias mengerti. Ternyata Kapitalis ngerjain buruhnya. Sementara pemerintah berkolusi dengan aparat keamannya. Rakyat benar-benar dibodohi, dan generasi muda semakin hancur."

37 komentar:

Si Maria. Selasa, 07 April, 2009  

Pertamaxxx, huahaha... Contoh politik yang hancur...!!!

Cebong Ipiet Selasa, 07 April, 2009  

hwhwhhwhw tambah lagi deh...seklai kali bikin yg ceria...buruk mulu

suwung Selasa, 07 April, 2009  

Indonesia ya ini?

brown sugar Selasa, 07 April, 2009  

Huahahahahahahahahaha.....
Bentar lagi rakyat akan melakukan kudeta......dan melakukan gencatan senjata......
Nyiapin bambu runcing ma karung ahhhhh buat nodong n masukin hartanya........
Jajahhhh...tindasssssss....colokin pake bambu ma renconggg

Atca Selasa, 07 April, 2009  

wah wah...ancur deh hehehe
semoga cuman cerita aja..

Milla Widia N Selasa, 07 April, 2009  

kapok dueh tuh kapitalis dan pemerintah

Diary Pink Selasa, 07 April, 2009  

parah...hahahha....kalo kek gitu :D

Lyla Selasa, 07 April, 2009  

generasi muda semakin ancur tp jgn bikin ancur penghasilan orang, ya gak mas Bagus hehehhe

Itik Bali Rabu, 08 April, 2009  

Lha trus anak yang tadi bertanya sebagai apa donk?
kritis dan pinter banget dia
pantesnya dia sebagai Mahkamah Agung ya?

Marianus Rabu, 08 April, 2009  

itulah Indonesia.....

ajeng Rabu, 08 April, 2009  

*Nyengir mode on* Indonesia sekali yach..?

namaku wendy Rabu, 08 April, 2009  

waduhhh sesat neh, politik dlm keluarga yg hehe sungguh anehhh!!!

Linda Belle Rabu, 08 April, 2009  

hahahahah paraaahhhh......

tp ini cuman ceritakan hihihi

anna fardiana Rabu, 08 April, 2009  

ya ampunnnnnnn......
semoga ini gak betul-betul terjadi...ancur betul ini!!!

erwinyustiawan Rabu, 08 April, 2009  

wehehe koq ya pas bener contohnya pake keadan anak kecil sehari-hari..:)

S.A Rabu, 08 April, 2009  

(doh)ini kudeta mainstreaming pola pikir atau re-penetrasi wakakakakkakakak!!

Yang Muda Yang Berdikari!

p' De koko Rabu, 08 April, 2009  

Om Bagus Agus Gus ...
ha ha hi hi hu hu (ketawa sambil tengkurep mukulin meja) anakku pingin jadi kaya Om Bagus aja ah ...

Nadia Rabu, 08 April, 2009  

,wow......ceritanya nylekit abiez....

OPHIE CHIEN Rabu, 08 April, 2009  

alowww.. slm knl...

G Rabu, 08 April, 2009  

Ahahahahahaaa.... ironis.

ADVINTRO Kamis, 09 April, 2009  

asli! perumpamaan yang sangat bagus, rakyatku sayang rakyatku malang

Antaresa Kamis, 09 April, 2009  

sungguh suatu pengandaian yang bagus...

Wh Kamis, 09 April, 2009  

Wuaha..ha...ha....
Hampir jadi fakta ne to malah udah ya

Generasi muda yang terabaikan kasihan ya.....

♥ Neng Aia ♥ Kamis, 09 April, 2009  

ya amplop ayah sama ibu nya kok selingkuhnya ga jauh² dari rumah toh ya?? hm hm... ;p

BlaGaBloGer Kamis, 09 April, 2009  

Waaaaaaa.... ternyata endingnya mengejutkan.....
Indonesia kah ini????

annosmile Kamis, 09 April, 2009  

mampir bro
baca dulu

Tukang komen Jumat, 10 April, 2009  

Ayah=kapitalis, Ibu=pemerintah, pembantu=buruh, satpam=aparat keamanan, anak=rakyat, bayi=generasi muda, lha trus yang nulis apa yah... ohhh KPK ajah... he..he..he..

Harry Seenthings Jumat, 10 April, 2009  

weeedeeew....bisa aja nih kang

Miss Anna Jumat, 10 April, 2009  

kekekekekekeke...lutu...cerdas jugag tuh anaknyah

Tips Kecantikan Jumat, 10 April, 2009  

oh noo..teori pengandaian apa teori pesinetronan...huehueheu

MATA HATI Minggu, 12 April, 2009  

Posting keren...

Ari Selasa, 14 April, 2009  

WAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAHHHHHHHHHHHH.....
NYATA ITU LHO. INI BUKAN DAGELAN. IT'S REAL. ANDA BRILIANT !!!!!! SALUUUUUUUTTTTTTTT. SEMUAAAAA EDAAAAANNNNNNNNNN. WAAAAAAAAAAAAA STREEEEEEEESSSSSSSSSSSSSSSSS

www.katobengke.com Selasa, 14 April, 2009  

sorry sobat baru muncul lagi so aq baru dari luar daerah and disana kagak ada koneksi internet……..
Tapi sekarang dah aq buat postingan baru……
jangan lupa singgah baca yah untuk menambah pengetahuan….

xitalho Sabtu, 25 April, 2009  

Tenan tho? si Kapitalis ngerjain buruh... Pemerintah berkolusi dengan pihak keamanan .wakakakak... ono wae..!!

brown sugar Senin, 27 April, 2009  

Kemana neh yang punya rumah ..mo numpang minum ...di kunci mulu rumahnya

Elsa Jumat, 15 Mei, 2009  

wah sia ank kecil kok bisa berpolitik ya?
hebat banget tuh!

habbats ramdhan Rabu, 04 Maret, 2015  

Terima Kasih sudah posting artikel yang bermanfaat. Semoga Sukses dan Silahkan Klik Tautan Dibawah Ini
Toko Online HerbalKing Obat HerbalGudang Obat HerbalJual Obat HerbalJual HerbalJual Produk HerbalJual Herbal MurahHerbal BandungProduk HerbalHerbal HabbatsAozora Shop Onlinetoko onlineJual Baju AnakJual Baju BayiJual Baju DewasaJual Sepatu BayiJual Sepatu anak AnakJual Sepatu DewasaJual Perlengkapan BayiJual Perlengkapan Anak AnakJual Perlengkapan DewasaTupperwareTupperware MurahTupperware UpdateTupperware Bandung juaraJual TupperwareKatalog TupperwareJual Online TupperwareTupperware ResepTupperware katalog baruRaja Tupperware BandungCollection TupperwareMadu Anak SuperMadu Anak CerdasJual Madu Anak SuperPusat Jual Madu Anak SuperJual Madu SuperMadu Anak SuperJual Madu AnakToko Madu AnakAgen Madu Anak SuperDistributor Madu Anak Super

Posting Komentar

Tempat Caci Maki.....

  © Blogger Template News Kidding On The Blog by Bagus Pras 2010

Back to TOP