Di Sudut Danau Lindu

Jumat, Mei 21

Kala itu saya mendapat undangan dari sahabat wartawan MAL untuk mengunjungi Danau Lindu yang terletak di Kec. Kulawi, Kab. Sigi Biromaru, Sulawesi Tengah. Mungkin ada yang asing dengan daerah Sigi Biromaru karena daerah ini merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Donggala. Letak ibukota Sigi Biromaru hingga kini belum berhasil ditetapkan dan masih menjadi silang pendapat antara elit local. Ada yang menginkan terletak di Biromaru namun ada yang menginginkan terletak di Bora. Begitulah Sulawesi Tengah, melulu hanya meributkan letak ibukota tak berkesudahan. Seperti kasus ibukota kab. Morowali dan banggai Kepulauan yang diselesaikan dengan berdarah-darah.

Petualangan Domestik

Jika anda senang dengan petualangan domestik, inilah tempat. Danau Lindu merupakan danau berada di kawasan Taman Nasional Lore Lindu. Sebuah kawasan yang lebih sering disebut Dataran Lindu dikelilingi pegunungan sehingga sangat sulit untuk dijangkau oleh kendaraan bermotor. Namun keindahan panorama pegunungan dan pemandangan danau menjadikan danau ini memiliki daya tarik tersendiri.

Perjalanan menunju danau Lindu sangat menguras konsentrasi. Bagaimana tidak, setengah perjalanan melintas Taman Nasional Lore Lindu ini menanjak, setengahnya lagi menurun, karena memang berada di ketinggian 200 meter sampai 2.610 m di atas permukaan laut. Sebagian masuk Kabupaten Sigi Biromaru dan sebagian lagi Kabupaten Poso. Jarak antara Desa Sidaunta dengan Danau Lindu sekitar 14 Km yang dapat ditempuh selama 1 jam dengan ojek sepeda motor. Asikk bukan. Sebuah petualangan domestik yang memicu adrenalin.

Melihat keindahan danau…

Saat itu, senja telah mendatangi kawasan Danau Lindu. Aku terpana akan keindahan alam, suara burung yang bersahut serta terpaan angin danau yang menggigilkan tulang. Sambil menatap arah danau, saya bersandar pada kursi panjang terbuat dari kayu eboni. Tanaman khas dari Sulawesi Tengah. Tak lupa sambil menempalkan sebatang rokok di sudut bibir diselingin seruputan kopi hitam.

Tak lama berselang, datang pemuda berkulit sedikit legam menuju ke arahku. Dia menanyakan asal saya darimana. Ku jawab dari Jawa. Hmmm… sebuah awal pembicaraan yang mengandung sara batinku. Lalu perbincangan mulai mengalir, pemuda yang mengaku bernama Stef itu menceritakan tentang kawasan Danau Lindu yang kini menjadi bagian dari Sigi Biromaru dan menjadi kawasan konservasi. Dia juga bercerita tentang hadirnya peneliti dari manca negara yang sok dan angkuh. Ketika saya mencari tahu kenapa dia bisa berkata begitu, dia menjawab bahwa kadang masyarakat sekitar sering diusir dari kawasan penelitian mereka karena dapat mengganggu habita yang sedang diteliti. Aneh memang. Ini menjadi pertanyaan berikutnya jika saya bertemu dengan aparat yang berwenang. Kenapa masyarakat sekitar tidak boleh mendekat. Bukan sok nasionalisme, tetapi sudah banyak kasus aneka hayati kita dibawa ke luar negeri untuk dijadikan obat yang mahal dengan hak patent yang bukan pada kita. Huhhh. Saya jadi teringat kasus penelitian virus flu burung di Sukabumi dibawa ke luar negeri oleh pejabat Depkes yang kini telah menjadi orang nomor satu di Depkes. Hmmm.

Gubrakkkk…..


6 komentar:

addiehf Sabtu, 22 Mei, 2010  

idealnya memang kawasan taman nasional/konservasi tidak boleh (sering) dikunjungi orang luar, karena bisa saja orang yang tidak tau secara mendalam tentang kawasan itu bisa merusak kawasan tersebut. namun, bila kasusnya seperti diatas (dbawa keluar negeri) menurut saya memang diperlukan suatu (badan) pengawasan lebih dan salah satu unsur didalamnya yaitu masyarakat terdekat daripada kawasan tersebut.

paragraf terakhir yang ndepkes itu, saya juga sedikit miris. ko bisa2nya RI1 milih dia (doh) heheee

soewoeng Minggu, 23 Mei, 2010  

yang jelas makanya KALEDO ya bos....

camera cell phone Selasa, 25 Mei, 2010  

waw...
makasih banyak infonya...
salam kenal...

Anak Rantau Selasa, 25 Mei, 2010  

Udah bayar mahal ma pejabat setempat kali bos. maknya ngesok dienya.

joe Kamis, 27 Mei, 2010  

wah, baru dengar saya, anyway salam kenal aja..

habbats ramdhan Rabu, 04 Maret, 2015  

Terima Kasih sudah posting artikel yang bermanfaat. Semoga Sukses dan Silahkan Klik Tautan Dibawah Ini
Toko Online HerbalKing Obat HerbalGudang Obat HerbalJual Obat HerbalJual HerbalJual Produk HerbalJual Herbal MurahHerbal BandungProduk HerbalHerbal HabbatsAozora Shop Onlinetoko onlineJual Baju AnakJual Baju BayiJual Baju DewasaJual Sepatu BayiJual Sepatu anak AnakJual Sepatu DewasaJual Perlengkapan BayiJual Perlengkapan Anak AnakJual Perlengkapan DewasaTupperwareTupperware MurahTupperware UpdateTupperware Bandung juaraJual TupperwareKatalog TupperwareJual Online TupperwareTupperware ResepTupperware katalog baruRaja Tupperware BandungCollection TupperwareMadu Anak SuperMadu Anak CerdasJual Madu Anak SuperPusat Jual Madu Anak SuperJual Madu SuperMadu Anak SuperJual Madu AnakToko Madu AnakAgen Madu Anak SuperDistributor Madu Anak Super

Posting Komentar

Tempat Caci Maki.....

  © Blogger Template News Kidding On The Blog by Bagus Pras 2010

Back to TOP